Home / Jatim

Rabu, 23 Maret 2022 - 17:40 WIB

Rumah di Mojoruntut Sidoarjo di Policeline, Gegara Produksi Miras

Editor - ARSO

SIDOARJO, KANALINDONESIA.COM : Tampak seperti biasa saja dan tidak ada yang aneh seperti halnya rumah warga pada umumnya, tapi ada yang berbeda saat sebuah rumah di perkampungan Desa Mojoruntut Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo, di gerebek anggota Satnarkoba Polresta Sidoarjo pada Senin (23/03/2022) Sore.

Ternyata, rumah kecil berukuran 4 X 10 tersebut di gunakan memproduksi minuman keras di dalam kamar.

Layak, saat warga setempat di tanya tentang aktivitas pelaku tidak ada yang tahu.

“Rumah tersebut biasa-biasa saja tidak ada yang aneh, namun pintunya selalu tertutup, jarang di buka,” kata tetangganya.

Dari catatan polisi pelakunya adalah IA (41tahun) warga Dusun Buntut Desa Mojoruntut, Krembung, Sidoarjo, ia tinggal dirumah tersebut baru saja di tempati oleh pelaku, kurang lebih baru 3 bulan lamanya. Dia (pelaku) ngontrak di rumah itu.

Di hadapan polisi, pelaku mengaku mendapatkan alkohol dari sebuah toko kimia yang berada di Surabaya. Ia menyebut kadar alkoholnya 92 persen. Untuk mendapatkan alkohol itu, Ia bilang ke petugas toko kalau alkohol itu untuk hand sanitizer.

Baca Juga  Dirut PT Meratus Line Ditetapkan Polisi Sebagai Tersangka Terkait Penyekapan Karyawan

Ia pun membeberkan proses produksi miras ilegal itu,” komposisi dari minuman keras itu, satu liter alkohol di campur dengan 5 liter air tawar terus di aduk, setelah jadi di masukkan dalam galon air mineral,”bebernya.

Untuk packaging, kata pelaku, Ia mengaku beli botol minuman bekas, setelah itu di isi ulang dan di segel dengan alat pemanas yang di buatnya sendiri. Untuk proses produksi, pelaku mengaku di kerjakan sendiri.

Pelaku juga menjelaskan, pemasaran miras Ilegal tersebut hanya di pasarkan di daerah sekitar saja.

Kepada wartawan Kapolresta Sidoarjo Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro menyampaikan,”ungkap kasus produsen miras ilegal ini berkat informasi dari masyarakat,”kata dia.

Baca Juga  Mulai 15 Agustus 2022, Pelanggan KA Jarak Jauh Usia 18 Tahun ke Atas Belum Divaksin Booster Wajib Tes RT-PCR

Dari tangan tersangka Polisi dapat mengamankan sejumlah barang bukti berupa 5 galon berisi miras siap edar, 24 botol miras, 10 pak lebel merk minuman, sebuah pumpa elektrik, sebuah segel, sebuah corong, satu pak tutup botol dan sebuah gentong plastik.

Kini tersangka mendekam di Sattahti Polresta Sidoarjo, di jerat dengan pasal berlapis, pasal 204 ayat 1 KUHPidana dan atau pasal 140 Jo pasal 66 pasal UU no 18 tahun 2012 tentang pangan dan atau pasal 106 Jo pasal 24 ayat 1 UU no 27 tahun 2014 tentang perdagangan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Kapolres menghimbau pada masyarakat, di bulan suci Ramadhan dan momen hari Raya Iedul Fitri nanti, untuk kondusifitas, jangan ada yang jual miras dan sekumpulan orang yang mabuk-mabukan.(Irwan_kanalindonesia.com)

Share :

Baca Juga

Daerah

DPRD Jatim Desak Pemprov Jatim Realisasikan One village One Nurse

Jatim

Polres Ponorogo Gelar Pelatihan Peningkatan Layanan Publik

Jatim

Polres Kediri Kota Distribusikan 2.5 Ton Beras Untuk 500 KK Warga Rusunawa

Jatim

Wali Kota Kediri Beri Penjelasan Pengajuan Raperda Adminduk dan Dana Cadangan Pemilukada

Daerah

Anggaran Minim Dipotong Refocusing, Martin Konsisten Tetap Bantu Fasilitas Desa dan Posyandu di Banyuwangi

Daerah

2.000 Dosis Vaksin Booster Gratis Demokrat Ludes Diserbu Warga Surabaya

Daerah

Turun ke Pelosok Pacitan, Eko Prasetyo Bagi Bantuan Untuk Yang Membutuhkan

Birokrasi

Forkopimda Gelar Rakor Dengan BNPB di Mapolda Jatim, Untuk Bahas ini