Menu

Mode Gelap
Bersama Pemkab Ponorogo, UMPO Launching Aplikasi Digital-Media Reka Creative Desa Gagal Pengereman, Hasil Penyelidikan Laka Bus Wisata di Magetan Grup Band Slank Bakal Ramaikan Kota Tidore 3 Terdakwa Kasus Ambruknya Seluncur Kenpark Diadili di PN Surabaya Operasi Skala Besar Gengster, Jajaran Polrestabes Surabaya Amankan 26 Orang Pemuda

Kanal Kuliner · 15 Okt 2022 21:51 WIB

Sagu Lempeng Tidore, Cemilan Berbahan Dasar Umbi Singkong


					Sagu Lempeng Tidore, Cemilan Berbahan Dasar Umbi Singkong Perbesar

TIDORE KEPULAUAN, KANALINDONESIA.COM: Umbi singkong banyak diolah menjadi beragam jenis olahan makanan, salah satunya diolah menjadi cemilan sagu lempeng.

Salah satu daerah yang mengolah umbi singkong menjadi cemilan sagu lempeng ada di Kelurahan Jaya Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Provinsi Maluku Utara (Malut).

Proses pemanggangan sagu lempeng menggunakan cetakan (Forna)
Proses pemanggangan sagu lempeng di tungku menggunakan cetakan (Forna)

Sagu lempeng dibuat dari tepung umbi singkong yang dipanggang dalam cetakan batu (terbuat dari tanah liat) bernama forna.

Setelah dibakar, tepung umbi singkong menjadi padat berwarna putih kehitaman, mirip roti bakar, dan berbentuk lempengan.

“Sagu lempeng di daerah Tidore khususnya kami disini, dikenal dengan sebutan hula keta, dan singkong dikenal dengan sebutan daso,” tutur warga yang enggan disebutkan namanya, karena ia beralasan bahwa dirinya bukan ahli bahasa.

Sementara, salah satu pembuat sagu lempeng di Kelurahan Jaya bernama Siti, saat ditemui kanalindonesia.com, Sabtu (15/10/2022) di tempat pembuatan sagu lempeng mengatakan, sudah sangat lama pengolahan umbi singkong menjadi sagu lempeng di Kelurahan Jaya.

“Di Kelurahan Jaya ini banyak yang membuat sagu lempeng termasuk saya, kami buat kalau ada stok umbi singkong, dibuat untuk dijual di pasar Rum, ada yang ambil dari kami untuk di jual di pasar Soa-Sio. Untuk harganya empat lempeng, dibandrol dengan harga Rp.10 ribu 4 lempeng,” ungkapnya.

Siti menjelaskan, umbi singkong terlebih di parut untuk dibuatkan tepung, setelah menjadi tepung maka perlu diayak beberapa kali hingga mendapatkan tepung yang halus.

Saat mendapatkan tepung yang halus, kemudian tepung tersebut diisi ke dalam cetakan (forna) untuk dipanggang sampai masak, warnanya putih kehitam-hitaman seperti roti bakar dan menjadi lempengan cemilan sagu.

Untuk rasa, menurut penuturan warga, bahwa ada beberapa rasa, strowberry, coklat dan rasa lainnya tergantung pesanan.

Salah satu pembuat sagu lempeng di Kelurahan Jaya ini, saat ditemui, Ia hanya membuat sagu lempeng yang rasanya tawar, karena di pasaran sagu dengan rasa tawar yang diminati.

Sagu lempeng ini, enaknya dikonsumsi bersamaan dengan lauk ikan, lalapan disandingkan dengan teh atau kopi.

Bagi yang ingin mencicipi sagu lempeng khas Tidore, bisa langsung datang ke Kelurahan Jaya, atau membelinya di waktu hari pasar, kebanyakan di jual di pasar Rum, hari Kamis dan hari Minggu, dengan harga Rp.10 ribu dapatnya 4 lempeng. (Iswan_KanalIndonesia.com)

Artikel ini telah dibaca 198 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Operasi Pekat Kie Raha, Polda Maluku Utara Amankan Puluhan Miras

9 Desember 2022 - 00:46 WIB

DWP Tidore Kepulauan Dapat Tropy dan Penghargaan

8 Desember 2022 - 19:36 WIB

Panwascam Tidore Utara Lakukan Sosialisasi Perekrutan PDK

8 Desember 2022 - 18:57 WIB

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Kota Tikep, Rapat Lanjutan Dilaksanakan

8 Desember 2022 - 18:00 WIB

Sukses Menggelar Sail Tidore 2022, Kota Tikep dapat Apresiasi dari Ditjen Bina Bagda

8 Desember 2022 - 16:39 WIB

Euforia Piala Dunia 2022, Presiden Argentina Kota Tikep Ancam Presiden Fans Brasil Kota Tikep

8 Desember 2022 - 14:32 WIB

Trending di Kanal Maluku Utara