Home / Daerah / Jatim

Jumat, 15 Juli 2022 - 15:38 WIB

Sekdaprov Jawa Timur Definitif Dilantik ini Tanggapan Fraksi Gerindra, Fraksi PKB dan Nasdem DPRD Jatim

Editor - ANANG

SURABAYA KANALINDONESIA.COM – Pelantikan Sekdaprov Jatim yang dilaksanakan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansah disambut beragam oleh Fraksi Fraksi di DPRD Jatim. Secara Umum semua berharap Sekdaprov yang baru akan mendukung kinerja dan program program Gubernur di Jatim yang sudah tertuang dalam RPJMD.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jawa Timur Muhammad Fawait menyampaikan sikap resmi partai Gerindra memberikan dukungan penuh kepada gubernur untuk secepatnya menetapkan sekdaprov definitif. ” Yang mengetahui betul kebutuhan di Pemprov termasuk timnya adalah gubernur sendiri,”jelas pria yang akrab dipanggil gus Mufa ini saat dikonfirmasi, Jum’at (15/7/2022).

Tugas seorang sekdaprov definitif, kata gus Fawait tidak ringan karena saat ini Jawa Timur sedang pemulihan pasca covid-19 ditambah lagi dengan PMK yang menerjang ternak di Jawa Timur. “Itu tugas disektor ekonomi untuk sekdaprov yang baru. Sedangkan di sektor politik dimana sosok sekdaprov harus membangun komunikasi yang harmonis antara Pemprov dan DPRD Jawa Timur,”terang pria asal Jember ini.

Untuk pj sekdaprov Jawa Timur, Gus Fawait mengaku pihaknya mengucapkan terima kasih karena sudah membuat hubungan harmonis antara Pemprov dan DPRD Jawa Timur terutama dalam upaya pemulihan covid-19 dan penanganan PMK di Jawa Timur.

Sementara Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Timur, Fauzan Fuadi berharap kepada Calon Sekda Provinsi Jatim yang dilantik dapat menjadi perantara komunikasi kepemerintahan antara eksekutif dan legislatif.

Baca Juga  Sinergitas TNI - Polri Membantu Warga Korban Hujan Deras dan Puting Beliung di Bangkalan Mendapat Apresiasi Masyarakat

“Dengan background apapun, mau dari internal Pemprov atau eksternal, yang pasti dan harus dilakukan sekdaprov nanti bisa menjadi komunikator yang baik antara pemprov dan DPRD Jatim,” kata Fauzan, Jumat (15/7/2022).

Bendahara DPW PKB Jatim mengingatkan agar sekdaprov difinitif ini, bekerja murni untuk kepentingan Jatim. Menata program-program gubernur untuk kepentingan pembagunan masyarakat.
Profesinalisme sekda, lanjutnya, sangat dibutuhkan kedepan. Apalagi saat ini memasuki tahun-tahun politik dan rawan dijadikan kesempatan.

“Dapat menjadi penerjemah yang baik terhadap ide-ide gubernur. Yang penting tidak ikut-ikutan berpolitik, khususnya dalam kepentingan 2024 dan semoga dapat menjalankan tugas dengan amanah,” tandasnya.

Sedang Fraksi Nasdem, melalui KH Muzzamil Syafi’i sudah memprediksi siapa yang akan menjadi pilihan Khofifah sebagai Sekdaprov. Mantan Wabup Pasuruan ini mengaku prediskinya berdasarkan pada kerjasama yang pernah dilakukan dengan sang Sekdaprov terpilih.

“Jauh jauh saya sudah memprediksi bahwa yang nanti akan dipilih adalah Adhi Karyono, nampaknya Gubernur sudah lama mengetahui kinerja Adhi Karyono karena pernah satu lembaga ketika berada di Kemensos,” kata mantan Ketua Fraksi Nasdem DPRD Jatim ini.

Baca Juga  Pimpin Deklarasi Desa Damai, Mas Alvin Ajak Masyarakat Mengembangkan Desa

Politisi asli Pasuruan menegaskan Kepercayaan ini menjadi sangat penting karena Sekda itu ibarat suami istri dengan Gubernur. “Maka harus tahu betul kesukaan Gubernur dalam arti pola menejemen yang dikembangkan oleh Gubernur selama ini harus mampu dijabarkan dalam kerja birokrat ke depan. Fraksi NasDem DPRD Provinsi Jawa Timur mendukung penuh terpilihnya Adhi Karyono sebagai Sekda Jatim periode saat ini sampai berakhirnya masa jawabatan Gubernur tahun 2024 yang akan datang,” tegasnya.

Dipilihnya seorang Sekda dari luar Pemprov ini kata Muzammil tidak berarti Gubernur tidak mempercayai kinerja ASN di Pemprov, namun semata mata untuk melakukan penyegaran ke depannya. “Memang sering, ketika mengambil dari dalam sering kesrimpet masa lalu dan tahu botekannya (kebiasaannya) masing masing sehingga menjadi tidak bisa tegas dalam mengambil kebijakan strategis. Maka terkesan monoton hanya melaksanakan kewajiban saja tanpa inovasi, nah dengan tenaga baru ini berharap lebih inovatif dalam mengembangkan menejemen birokrasi Pemprov
Fraksi NasDem berharap Sekda mampu menjembatani kepentingan birokrasi dengan politik yang ada di Indrapura, artinya mampu berkomunikasi dengan baik dengan DPRD Provinsi Jatim, karena itu menjadi kunci bagi kelancaran melakukan pembahasan apa saja baik Peraturan Daerah maupun pembahasan Anggaran yang ada, ” pungkasnya. nang

Share :

Baca Juga

Jabar

Cegah Kriminalitas Polsek Gabuswetan Gelar Patroli Sambang

Jatim

Polsek Sambit Gelar Vaksinasi, Targetkan 600 Dosis 2 

Daerah

Angin Kencang Rusak 21 Rumah Warga Gayo Lues, Tidak Ada Korban Luka

Jateng

Ratusan Anak di Pemalang Ikuti Pesta Siaga Pramuka

Jateng

Hari Anti Narkotika Internasional, DPC LAN Pemalang Bagi Stiker kepada Pengendara

Jatim

Setelah 2 Jam Nyebur ke Kali, Pengedar Narkoba di Sidoarjo ini Menyerahkan Diri

Daerah

Komisi E Persoalkan Isi PerGub Jatim Soal Perlindungan Obat Tradisional, Artono : Ijin Produksi tetap sulit dan mahal

Jatim

Buka Sosialisasi Kepatuhan Pelaksanaan Berusaha, Wali Kota Kediri : Kota Kediri Kecil Tapi Seksi Untuk Investasi