Home / Nasional

Jumat, 23 September 2022 - 03:33 WIB

Sembilan Pemerintah Daerah Jadi Proyek Percontohan Pelaksanaan RB Tematik

Editor - ISWAN

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Sembilan pemerintah daerah telah ditetapkan dalam proyek percontohan pelaksanaan reformasi birokrasi tematik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 888/2022 tentang Proyek Percontohan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tematik Penanggulangan Kemiskinan Pada Pemerintah Daerah.

Melalui keputusan ini, Menteri Anas berharap, pemerintah daerah yang telah ditunjuk sebagai proyek percontohan dapat melaksanakan reformasi birokrasi berdampak pada penanggulangan kemiskinan di daerahnya.

Pelaksanaan reformasi birokrasi tematik diharapkan mampu menjawab dan berimplikasi pada pembangunan daerah, serta peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.

Selanjutnya, pemerintah daerah yang menjadi percontohan akan menjadi role model bagi pemerintah daerah lainnya.

Sembilan pemerintah daerah tersebut adalah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Daerah Istimiewa Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten Sumedang, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kota Malang, serta Pemerintah Kota Yogyakarta.

Baca Juga  Presiden Jokowi: Jaga Kebinekaan Adat dan Tradisi sebagai Kekuatan Bangsa

“Instansi daerah yang telah ditetapkan sebagai percontohan pelaksanaan reformasi birokrasi tematik penanggulangan kemiskinan mempunyai tugas diantaranya, menyiapkan data dan informasi pendukung pelaksanaan reformasi birokrasi tematik penanggulangan kemiskinan, mendorong keterlibatan serta membangun kolaborasi berbagai pihak,” tulis keputusan yang ditandatangani oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas pada 20 September 2022.

Daerah tersebut juga bertugas melakukan penyusunan rencana aksi yang nantinya digunakan sebagai rencana kerja pelaksanaan reformasi birokrasi tematik dengan memperhatikan kolaborasi antar sektor, serta melakukan monitoring dan evaluasi terkait pelaksanaan dari rencana aksi tersebut.

Baca Juga  Upacara HUT ke-77 TNI akan Digelar di Istana, Kasetpres Matangkan Persiapan

Dalam pelaksanaannya, pemerintah daerah yang ditunjuk sebagai proyek percontohan reformasi birokrasi tematik, nantinya akan dibantu oleh tim teknis yang dibentuk oleh Kementerian PANRB serta kementerian teknis terkait.

Program reformasi birokrasi tematik difokuskan untuk mempercepat pengentasan kemiskinan dan mendorong daya saing Indonesia dengan penyelesaian masalah tata kelola, pada berbagai program pengentasan kemiskinan dan peningkatan daya saing Indonesia.

Reformasi birokrasi tematik muncul sebagai jawaban terhadap peran birokrasi untuk mengawal prioritas pembangunan dan menyelesaikan masalah setiap ada kendala yang dihadapi. Di lain sisi reformasi birokrasi tematik juga menjawab ekspektasi Presiden Joko Widodo mengenai Reformasi Birokrasi yang menciptakan hasil pada pembangunan nasional. (Iswan_KanalIndonesia.com).

Share :

Baca Juga

Nasional

BPBD Kota Bekasi dan Unsur Terkait Siagakan Personel Antisipasi Dampak Banjir

Nasional

Presiden: Konsolidasi Reformasi Fiskal Harus Terus Dilakukan secara Menyeluruh, Bertahap, dan Terukur

Nasional

Pengendalian Covid-19 di Kawasan Regional, BNPB: Penguatan Kemitraan Sangat Penting

Birokrasi

Capai 20.400 Paket Sembako Dibagikan Kejati Jatim dan Kejari Jajaran

Daerah

Gerakan #Indonesiapastibisa Bersama Anak Bangsa Peduli Wujudkan Desa Herd Immunity di Bekasi

Birokrasi

Yuk, Manfaatkan Media Digital untuk Sebarkan Pengalaman Wisata yang Mengesankan
Salah satu rumah warga yang rusak sedang akibat hujan disertai angin kencang yang terjadi pada Senin (2/8) di Kota Cimahi.

Nasional

Review Bencana Juli 2021: Bertemunya Bencana Hidrometeorologi Basah dan Kering
Pasutri (mengenakan rompi tahanan), tersangka kasus kredit macet bank jatim saat digiring petugas Kejari Tanjung Perak, (foto: Ady_Kicom)

Birokrasi

Kejari Tanjung Perak Tetapkan Pasutri Sebagai Tersangka Kasus Korupsi Kredit Macet Bank Jatim Sebesar Rp60 Miliar