Home / Kanal Politik

Kamis, 23 Maret 2023 - 09:57 WIB

Suara Gen Z & Y Unggulkan Airlangga dan Golkar, Puas Kinerja Polri

JAKARTA,KANALINDONESIA.COM: Lembaga Penelitian Masyarakat Millenial (LPMM) melakukan survei terhadap perilaku Generasi Z dan Generasi Y terhadap kinerja pemerintahan, parpol dan tokoh bakal Capres di 2024.

Survei dilakukan melalui metode Multi Stage Random Sampling dengan jumlah responden 2.140 orang yang berasal dari Generasi Z (17-25 tahun) dan Generasi Milenial (26-39 tahun). Survei dilakukan melalui sambungan telepon seluler dan Whatsapp Video Call secara langsung di 34 Ibu Kota Provinsi di Indonesia.

Chief Executive  LPMM Alamsyah Wijaya mengatakan, Margin of error dalam survei ini sebesar 2.08 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Survei dilakukan pada tanggal 4 sampai 18 Maret 2023. Secara umum yang berjenis kelamin perempuan lebih banyak yaitu 51,4 persen sedangkan laki-laki 48,6 persen. Usia responden tertinggi berada di kisaran 18-25 tahun sebanyak 51,5 persen sedangkan usia 26-39 tahun berjumlah 48,5 persen.

“Ketika Gen Z dan Y ditanyakan soal ketertarikannya pada topik politik di Indonesia, jawabannya kebanyakan biasa saja 61.5 persen dan sebanyak 9,8 persen yang menjawab menarik, sebanyak 7,6 persen sangat menarik dan selebihnya 21,1 tidak memberikan jawaban,” kata Alamsyah dalam keterangannya, Rabu (22/3/23).

Meski demikian, kata Alamsyah berharap Presiden Indonesia pengganti Jokowi di 2024 harus dapat membawa Indonesia lebih baik lagi. LPMM menanyakan ke koresponden terkait sejumlah nama yang digadang-gadang jadi capres di 2024.

Pertanyaan dikhususkan terkait potensi dan sepak terjang tokoh hingga berdampak positif ke Generasi Y dan Z. Hasilnya, Airlangga Hartarto memperoleh hasil tertinggi dengan 84,8 persen tokoh berpengaruh terhadap kehidupan Generasi Y dan Z.

“Puan Maharani mendapat 50,3 persen, Prabowo Subianto 39,8 persen, Ganjar Pranowo 20,9 persen, Ridwan Kamil 11,8 persen, dan Anies Baswedan 10,1 persen,” jelasnya.

Kemudian, sambung Alamsyah, koresponden juga ditanyakan jika Pemilu digelar hari ini, siapa Capres yang akan dipilih. Hasilnya Airlangga Hartarto kembali menjadi juaranya dengan suara 29,8 persen.

“Prabowo Subianto mendapat 22,3 persen, Anies Baswedan 10,6 persen, Ganjar Pranowo 9,2 persen, Puan Maharani 4,8 persen, Sandiaga Uno 3,1 persen,” katanya.

Survei juga menanyakan persepsi Generasi Z dan Y terhadap Polri. Hal ini dilakukan setelah sejumlah badai menerpa Institusi Bhayangkara tersebut.

Hasilnya, sebanyak 82,8 persen responden menilai Polri dapat memperbaiki kinerjanya. Sementara 7,6 persen menyebut Polri belum dapat menjadi lembaga yang dipercaya, dan 9,6 persen tidak menjawab.

Menanggapi hasil survei LPMM Pengamat Politik Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta, Oktiva Anggraini mengatakan, hal yang wajar jika dukungan terhadap calon presiden (capres) di kalangan Gen Z dan Y lebih memilih Airlangga Hartarto. Namun, Airlangga tak bisa berjuang sendiri tanpa kekuatan politik yang merata.

“Airlangga harus cermat mengisi waktu ini dengan membentuk berbagai relawan politik, tim medsos, menarik berbagai tokoh penting untuk menopang kekuatan di 2024. Kalau ini bisa diramu dengan baik, pasti bisa menjadi capres terkuat di 2024,” kata Oktiva.

Dia melihat cukup tinggi dukungan milenial karena rekam jejak Airlanggga cukup bagus dan tidak tersandung kasus korupsi. Karena biasanya generasi Z dan Y melihat figur dari apakah ia pernah kena korupsi atau tidak.

“Jadi untuk Airlangga saya menjamin banyak generasi Y dan Z yang memberikan dukungan. Karena memang tokoh bersih pak Airlangga,” ucapnya.

Namun, terkait survei kepuasan masyarakat terhadap Polri,dia mengungkapkan, institusi Polri saat ini telah menunjukkan kinerja yang baik

“Kinerja polri akhir -akhir ini mulai menanjak dan bagus, meski masih ditemui beberapa pelanggaran etika. Tetapi hal itu biasa dalam proses perbaikan sebuah organisasi,” [email protected]

Share :

Baca Juga

Kanal Jateng

Maju di Pilgub Jateng 2024 Bersama Gibran Rakabuming, Ini Jawaban Dico Ganindito

Daerah

Dalam rangka Perbaikan Kualitas Data Pemilih, KPU Pamekasan Gelar Rapat Evaluasi Penyusunan DPSHP Pemilu 2024

Kanal Politik

Diduga Tergiur Dana Transfer Pemain dari NasDem, Eva Pun Loncat Partai

Kanal Nasional

Partai Demokrat Telah Daftarkan Bacalegnya ke KPUD Kota, Kabupaten, Provinsi dan KPU RI

Kanal Jatim

Hari Terakhir Pendaftaran, Sejumlah Parpol Datangi KPU Madiun

Kanal Jatim

Ketua Bawaslu Magetan Resmi Jadi Caleg PDI P Magetan
Ketua DPC Partai Gerindra saat konferensi pers di halaman kantor KPU Jombang. Foto : Faiz

Kanal Jatim

Cantiknya Melihat Strategi Politik Partai Gerindra di Jombang, Rekrut 5 Politisi dari Partai Lain
Caleg PKB M.Rizaldi Saputra nomor dua dari kiri

Kanal Jatim

M Rizaldi Saputra Caleg Termuda di Gresik dari Partai PKB