Home / Daerah / Health / Jatim

Jumat, 20 Mei 2022 - 19:03 WIB

Tekan Penyebaran PMK, Dinas Pertanian Gresik Beri Vitamin pada Hewan Ternak

Editor - ARSO

GRESIK, KANALINDONESIA.COM: Dinas Pertanian Kabupaten Gresik dibantu instansi terkait Kecamatan Wringinanom memberikan suntikan obat dan vitamin pada hewan ternak yang belum terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penularan pada hewan ternak yang lain. Pada kesempatan itu, Dokter hewan dari Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, drh Budi didampingi Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan perangkat desa setempat, berkunjung ke kandang sapi milik Choirul warga Desa Sembung, Wringinanom, Gresik, Jatim.

Sejauh ini, selama wabah PMK menyerang di Kota Pudak, terdapat 7 ekor sapi yang sembuh, 20 ekor sapi dalam masa penyembuhan, 10 ekor sapi terpaksa harus disembelih sebelum mati, karena kondisinya yang sudah kritis.

Baca Juga  SIG Resmikan Bantuan Pembangunan TPQ dan Renovasi Masjid Manba’ul Ulum di Kabupaten Gresik

Bhabinkamtibmas Polres Gresik meninjau kondisi ternak di kandang milik Choirul di Desa Sembung, Kecamatan Wringinanom. Di sana terdapat 27 ekor sapi yang mendapat penanganan dan pengawasan dari Dinas Pertanian Gresik.

Kapolres Gresik melalui Bhabinkamtibmas Desa Sembung, Aiptu Adi Santoso, menyampaikan,” giat ini dalam rangka pemantauan dan monitoring penyuntikan vitamin dan obat-obatan ternak, termasuk antibiotik untuk meningkatkan imun ternak serta penyemprotan desinfektan pada kandang,”ujarnya.

Baca Juga  Hanasui Hadirkan Power Serum Untuk Percantik Kulit Wanita

Tim Dinas Pertanian Gresik turun langsung dalam penyuntikan ini. Sebab, pengobatan terharap hewan ternak yang terpapar PMK hanya boleh dilakukan dokter hewan.

Pemkab Gresik dan Satgas PMK telah melakukan berbagai upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran. Diantaranya penutupan pasar hewan, penyekatan daerah perbatasan dan penyuntikan vitamin. Pemerintah juga menyiapkan jaring pengamanan sebesar Rp 10 juta sebagai ganti rugi sapi yang dipotong paksa.(Irwan)

Share :

Baca Juga

Jatim

Wali Kota Kediri Susur Sungai Brantas Untuk Mitigasi Bencana

Jabar

Personel TNI-Polri Kawal Pendistribusian Logistik Pilwu Desa Juntinyuat

Daerah

Gelar Semi Final Lomba Baca Teks Proklamasi, PKS Jatim Ajak Masyarakat Ingat Sejarah Kemerdekaan

ACEH

Vaksinasi Booster di Aceh Capai 10.97 Persen

Jateng

Ketika Presiden Jokowi Bertemu Joko Widodo

Daerah

Muhammad Fawaid Raih Penghargaan Tokoh Politik Muda Inspiratir PWI Jatim 2022

Birokrasi

Masa Lockdown Terbatas PN Surabaya Diperpanjang Sampai 11 Hari Kedepan

Jatim

Banjir Ponorogo, Kapolres Salurkan Bantuan Sembako dan Nasi Bungkus