Menu

Mode Gelap
Saksi Kunci Sebut BBM Hasil Penggelapan Dijual ke PT Bahana Line Kepergok Selingkuh, Ribut Winarko Cekik dan Tusuk Istri 8 Kali Tukang Las Asal Sidoarjo Dituntut Jaksa Hukuman Mati Sidang Mafia BBM Laut, Jaksa Cecar Direksi PT Bahana Line Soal Keluar Masuk Uang Perusahaan Jaksa Tuntut Mantan Panpel Arema FC Abdul Haris 6 Tahun 8 Bulan Kasus Tragedi Kanjuruhan Malang

Kanal Budaya dan Wisata · 20 Jan 2023 16:35 WIB

Tinjau Bunaken, Presiden Jokowi Yakin Awal Februari Wisman Ramai Datang


 Tinjau Bunaken, Presiden Jokowi Yakin Awal Februari Wisman Ramai Datang Perbesar

MANADO, KANALINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo meninjau Kawasan Wisata Bunaken, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, pada Jumat, 20 Januari 2023. Presiden menyebut bahwa pemerintah membuka kawasan wisata untuk wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara dan optimistis mereka akan berbondong-bondong datang ke Sulawesi Utara pada awal Februari 2023.

“Kita membuka untuk turis semua negara tanpa terkecuali, termasuk dari Tiongkok, silakan. Saya melihat di awal bulan Februari ini akan berbondong-bondong ramai turis dari Tiongkok masuk ke Manado, masuk ke Sulawesi Utara,” ujar Presiden dalam keterangannya kepada awak media selepas peninjauan.

Untuk mendukung Bunaken sebagai salah satu tujuan wisata, pemerintah pun telah membangun sejumlah infrastruktur pendukung, antara lain rumah tinggal atau homestay bagi para wisatawan. Menurut Presiden, pemerintah telah membangun sedikitnya 50 homestay untuk akomodasi di Bunaken.

“Ya ini kita telah perbaiki paling tidak mukanya sudah kelihatan, homestay untuk turis juga sudah disiapkan, ada 50 rumah yang telah dibangun pemerintah untuk masyarakat,” imbuhnya.

Terkait banyaknya turis mancanegara yang nanti akan datang, Presiden mengaku tidak khawatir karena para turis pun telah melalui sejumlah protokol kesehatan sejak di negaranya. Selain itu, kekebalan komunal masyarakat Indonesia pun dinilai sudah sangat tinggi.

“Sekali lagi kita terbuka untuk turis dari manapun, tapi yang kita lihat yang akan banyak dari Tiongkok dan yang paling penting protokol kesehatan. Tapi di Tiongkok sendiri saya melihat yang mau keluar juga sudah dicek semuanya oleh negara mereka jadi kita enggak perlu khawatir. Yang kedua juga imunitas kita ini sudah pada posisi kekebalan komunitas sudah baik di angka 98,5 (persen),” jelasnya.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Diana Kusumastuti, menuturkan bahwa pemerintah melalui Kementerian PUPR telah melakukan penataan Kawasan Wisata Bunaken yang meliputi pembangunan dermaga, galeri wisata, panggung teater budaya, tempat pengolahan sampah (TPS), hingga penataan kawasan kumuh. Adapun anggaran untuk penataan di Kawasan Wisata Bunaken mencapai Rp24 miliar.

“Mudah-mudahan dengan adanya dermaga dan juga galeri, teater budaya dan di sini juga dilengkapi juga untuk mendukung wisata itu adalah homestay. Homestay yang dibangun di sini itu ada 49 unit, kemudian homestay yang sekaligus untuk tempat berdagang kafe itu ada tiga sehingga totalnya ada 52 unit homestay,” tutur Diana.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Wali Kota Manado Andrei Angouw.

 

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Mengenal Suripto dan Sejarah Terciptanya Lagu “Magetan Kumandang”

23 Januari 2023 - 09:44 WIB

Mengawali Tahun 2023, Kapal Pesiar MS. Amera Sandar Perdana di Pelabuhan Tanjung Emas

22 Januari 2023 - 23:44 WIB

Kapal pesiar MS. Amera bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Alunan Musik Kolintang Sambut Presiden Jokowi di Pantai Malalayang

21 Januari 2023 - 08:53 WIB

Hari Ketiga di Sulut, Presiden akan Kunjungi Bunaken hingga Pantai Malalayang

20 Januari 2023 - 11:59 WIB

Ada Promo New Year Deals, Berikut Discount KAI untuk Berbagai Jurusan

19 Januari 2023 - 18:50 WIB

KAI DAOP 7 Madiun Sosialisasi Keselamatan Berkendara di Perlintasan

18 Januari 2023 - 15:46 WIB

Trending di Kanal Jatim