Menu

Mode Gelap
Bersama Pemkab Ponorogo, UMPO Launching Aplikasi Digital-Media Reka Creative Desa Gagal Pengereman, Hasil Penyelidikan Laka Bus Wisata di Magetan Grup Band Slank Bakal Ramaikan Kota Tidore 3 Terdakwa Kasus Ambruknya Seluncur Kenpark Diadili di PN Surabaya Operasi Skala Besar Gengster, Jajaran Polrestabes Surabaya Amankan 26 Orang Pemuda

Kanal Ekbis · 2 Nov 2022 17:07 WIB

Usaha Krupuk Rumahan, Perbulan Raup Omset Sampai 7 Juta Rupiah


					Usaha Krupuk Rumahan, Perbulan Raup Omset Sampai 7 Juta Rupiah Perbesar

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Usaha krupuk rumahan bisa menjadi solusi usaha yang menjanjikan. Pilihan usaha tersebut dilakukan oleh Farhan Zakaria Achmad (23) tahun warga Dusun Sambongsantren, Desa Sambongdukuh, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

Pemuda berusia 23 tahun tersebut tampak dengan sabar menata krecek (krupuk mentah, red) diatas besek. Usai semua bagian dari besek tertutup krecek, besek lantas dijemur untuk pengeringan. Pengeringan dilakukan untuk memastikan kualitas krupuk terjaga.

“Kalau panas ini dimanfaatkan betul untuk menjemur. Karena kalau siang kadang sudah turun hujan,” katanya kepada wartawan, rabu (2/11/2022).

Menurutnya, beberapa hari terakhir sudah mulai sulit untuk menjemur kerupuk lantaran cuaca yang tidak menentu. Memang pada musim penghujan ini, sagat berpengaruh pada produksinya. Lantaran, harus menunggu terik matahari untuk menjemur.

“Ya kendalanya itu cuma matahari. Karena sangat mendandalkan alam,” tegasnya.

Jika cuaca normal, Farhan mengaku dalam satu bulan bisa meraup pundi-pundi rupiah Rp 7 juta perbulan. Beda kalau dalam cuaca tidak menentu, pilihan mengurangi produksi tidak bisa dihindari.

“Ya tetap disyukuri saja masih bisa produksi,” ungkapnya.

Dalam kondisi normal dengan intensitas cuaca terik matahari tinggi, pemuda lajang tersebut bisa menggoreng krecek kering sebanyak 40 kg, tapi kalau cuaca kerap hujan, dirinya hanya menggoreng sebanyak 30 kg.

Bahkan, apabila tidak ada panas. Dirinya juga sempat tidak produksi. Karena dia tetap mengandalkan kualitas dan rasanya.
“Kalau tidak benar-benar kering rasa kerupuk jadi tidak enak dan kalau di goreng juga tidak bisa mekar, harapannya bisa punya oven,” pungkasnya.(Fred_kanalindonesia.com)

Artikel ini telah dibaca 52 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bank Jatim Gercep Bantu Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru , Siapkan Kebutuhan Makanan dan Tenda Darurat

8 Desember 2022 - 22:19 WIB

Kamrussamad Pimpin HIPKA, Dokter Agung: Harapan Baru Untuk Tingkatkan Daya Saing Pengusaha

8 Desember 2022 - 21:18 WIB

Polresta Sidoarjo Rilis Dua Kasus, Pengeroyokan dan Pencabulan

8 Desember 2022 - 17:46 WIB

Wakapolresta Sidoarjo Resmikan Pura Kertha Bumi Bhayangkara

8 Desember 2022 - 17:15 WIB

Menyelamatkan Asset Negara, KAI Daop 7 Lakukan Penertiban Lahan dan Bangunan

8 Desember 2022 - 16:17 WIB

Wirausaha Digital Magetan Makin Menggeliat

8 Desember 2022 - 15:05 WIB

Trending di Kanal Jatim