Home / Nasional / News / Peristiwa

Senin, 31 Januari 2022 - 22:06 WIB

Waspada, Lowongan Pekerjaan Berbayar di Pegadaian adalah Hoaks

Editor - rudi

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Pegadaian memastikan bahwa informasi lowongan pekerjaan dan penerimaan karyawan di Pegadaian dengan mewajibkan pelamar mentransfer sejumlah uang adalah berita bohong alias Hoaks.

Demikian diungkapkan Ridwan Arbian Syah selaku Direktur Sumber Daya Manusia PT. Pegadaian melalui siaran pers tertulis yang diterima Kanalindonesia.com di Jakarta, Senin (31/01/2022).

Ridwan menjelaskan bahwa sebagai anak perusahaan BUMN, Pegadaian selalu menjunjung tinggi penerapan prinsip-prinsip tata kelola yang baik (Good Corporate Governance).

“Dalam penerimaan karyawan kami mengimplementasikan prinsip transparansi dan akuntabilitas. Para pencari kerja yang dipilih berdasarkan kompetensi yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan organisasi. Proses rekrutmen pun dilakukan secara transparan, diumumkan melalui media resmi perusahaan serta tidak dipungut biaya,” jelas Ridwan.

Oleh karena itu Ridwan mewanti-wanti kepada masyarakat agar hati-hati dan waspada terhadap upaya penipuan dengan modus rekrutmen karyawan dengan permintaan transfer sejumlah uang.

Baca Juga  Dilantik Jadi Ketua DPD Pejuang Bravo 5 Jatim, Sumantoro Bahas Terkait Kerukunan Jelang Pilpres 2024

“Jika ada pelamar yang telanjur mentransfer uang, sebaiknya yang bersangkutan melaporkan ke pihak kepolisian agar dilakukan tindakan hukum kepada pelaku,” saran Ridwan.

Sementara itu VP Corcom PT Pegadaian Basuki Tri Andayani menjelaskan bahwa selama ini para pelaku penipuan mengirim email secara acak kepada para pencari kerja. Email tersebut berisi penerimaan karyawan dengan mencatut dan memalsukan tanda tangan direksi atau pejabat Pegadaian lainnya.

Para pencari kerja seolah-olah diundang untuk mengikuti proses rekrutmen lanjutan seperti tes psikologi atau atau tes wawancara. Dengan modus untuk biaya akomodasi dan transportasi, penerima email diminta mentrasfer sejumlah uang kepada rekening agen travel yang dikatakan bekerja sama dengan panitia.

Baca Juga  Kasad Kukuhkan Habib Luthfi Bin Ali Yahya Sebagai Warga Kehormatan Angkatan Darat

“Perusahaan tidak pernah bekerja sama dengan perusahaan travel manapun dalam setiap rekrutmen karyawan. Maka jika terdapat informasi seperti itu agar diabaikan karena dapat dipastikan bahwa hal itu adalah tindak pidana penipuan,” kata Basuki.

Ia juga mengatakan bahwa informasi tentang rekrutmen karyawan selalu disampaikan melalui media resmi perusahaan seperti website pegadaian.co.id, linkedin Pegadaian atau akun media sosial facebook : pegadaian, instagram : pegadaian_id, atau twitter : @pegadaian.

Apabila mendapatkan informasi selain media resmi perusahaan, masyarakat juga dapat melakukan konfirmasi melalui call center 1500569 atau langsung ke outlet Pegadaian terdekat.

“Ingat lakukan konfirmasi sebelum melakukan transaksi, orang pinter tidak sembarang main transfer,” pungkas Basuki. @Rudi

Share :

Baca Juga

Daerah

Sekolah Cendekia Baznas Ajarkan Siswanya Budidaya Perikanan
Serbuan Vaksinasi

Peristiwa

TNI AL Seskoal Kebut Serbuan Vaksinasi Untuk Masyarakat Maritim Kota Semarang dan Batang
Warga yang menerima Paket Sembako dari Koramil Ilu

Peristiwa

Sambut Hut Kemerdekaan RI Ke 76, Babinsa Koramil Ilu Berikan Bantuan Sembako Kepada Toga, Tomas, Todan Dan Warakawuri

Nasional

Pelaporan Logistik dan Peralatan Melalui Pemanfaatan InaRISK Personal

Birokrasi

Forkopimda Gelar Rakor Dengan BNPB di Mapolda Jatim, Untuk Bahas ini

Birokrasi

BPJS Kesehatan Surabaya Implementasikan Antrean Online di Klinik dan Rumah Sakit
Umat muslim merayakan kemenangannya

Peristiwa

Kodim 1707/Merauke Gelar Sholat Idul Fitri 1443 H/2022 M

Birokrasi

Ratusan Handphone Dalam Aquarium Air Garam di Rutan Gresik Jadi Tontonan