UPM Raflatac Tawarkan Label Kemasan Film Tipis Ramah Lingkungan

- Editor

Rabu, 15 Maret 2023 - 17:19 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Masyarakat kini lebih lebih peduli dengan upaya keberlanjutan dari berbagai brand, terutama dalam hal limbah kemasan.

Sebuah studi melansir bahwa 77% pelanggan khawatir tentang dampak lingkungan dari pembelian mereka dan 64% bersedia membayar lebih untuk produk yang berkelanjutan. Konsumen juga bersedia membayar lebih untuk produk yang dikemas secara berkelanjutan. Oleh karena itu, ada peningkatan permintaan di antara pemilik brand untuk menetapkan target iklim dan sirkularitas yang ambisius dan mengembangkan solusi pengemasan yang lebih berkelanjutan.

Menyingkapi hal tersebut, UPM Raflatac sebagai pemimpin dalam pelabelan berkelanjutan melalui bahan dan layanan label berperekat yang inovatif menawarkan label stok berbahan kertas dan film berkualitas tinggi untuk branding dan promosi, label informasi, dan label dengan fungsionalitas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dicky Santosa, Country Manager, UPM Raflatac Indonesia saat ini dengan keterbatasan sumber daya alam yang dimiliki, kita semua harus pintar dalam menggunakan material.

Menurutnya, UPM Raflatac berkomitmen untuk melabeli masa depan yang lebih cerdas dengan mengurangi material berbahan fosil. Dengan solusi pengemasan yang tahan lama, perusahaan membantu industri pengemasan dan pemilik brand untuk beralih ke alternatif yang lebih berkelanjutan sambil mempertahankan keunggulan kompetitif mereka.

“Salah satu penawaran yang mengurangi dampak lingkungan adalah solusi pelabelan dengan lapisan film yang tipis atau lite. Label semacam ini menawarkan cara yang mudah dan berdampak bagi brand untuk lebih dekat dengan tujuan keberlanjutan mereka dengan mengurangi dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya,” ujar Dicky Santosa dalan pernyataan pers di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Ia menjelaskan, solusi film tipis memberikan beberapa manfaat keberlanjutan, produktivitas, dan efisiensi biaya tanpa memengaruhi kinerja. Label ini mengurangi jejak karbon dengan desain yang mengoptimalkan sumber daya yang ada dan memastikan kinerja dan manfaat lingkungan dibandingkan dengan versi standar yang lebih tebal, karena label ini membutuhkan lebih sedikit bahan baku berbasis fosil dan menggunakan energi yang lebih sedikit selama pembuatan.

Solusi film yang tipis juga meningkatkan produktivitas dengan menawarkan waktu tunggu yang lebih singkat dengan lebih sedikit perubahan gulungan dan lebih sedikit downtime agar tetap sesuai target; selain itu, mereka meningkatkan efisiensi biaya dengan memberikan banyak kapasitas penyimpanan untuk bahan baku lain dan stok jadi, serta menurunkan biaya pengemasan dan transportasi berkat gulungan label yang dikonversi lebih lama. Selain itu, solusi pelabelan makanan yang tipis dari UPM Raflatac juga memenuhi standar keamanan pangan.

Dicky mengklaim, Inovasi inovatif ini banyak diaplikasikan dalam berbagai produk. Salah satu contohnya adalah PE 65 — film paling tipis dan bisa diremas (squeezable) dari berbagai label film UPM Raflatac PE yang ada. Versi yang lebih tipis dari konstruksi film PE 85 standar ini menawarkan kemampuan mengikuti bentuk dan squeezability yang sangat baik, serta tahan air, minyak, dan bahan kimia, menjadikannya alternatif yang sempurna untuk wadah dan tabung yang dapat diremas (squeezable) di pelabelan segmen home and personal care.

Produk film tipis lainnya adalah Raflex Pro, yang menawarkan kinerja terbaik dari unsur-unsur yang ada di PE dan PP untuk fungsionalitas yang dapat diremas dan daya tarik yang maksimal saat berada di rak. Produk ini memiliki conformability yang sama dengan PE pada wadah berkontur dan dapat diremas, serta kejernihan yang tinggi sebagaimana pada produk PP.

Raflex Pro juga sangat tipis. Ini dapat meningkatkan produktivitas karena bisa memasukkan lebih banyak label ke dalam gulungan, yang berarti mengurangi downtime pada perubahan gulungan dan lebih banyak waktu untuk konversi dan pengeluaran label yang mendatangkan profit. Ini juga meringankan beban lingkungan.

Rangkaian PE Lite adalah contoh bagus dari desain produk berkelanjutan, memberikan pemilik brand jawaban langsung untuk meningkatkan permintaan pelanggan akan bahan yang lebih berkelanjutan. PE Lite lebih tipis dan lebih ringan dari film PE tradisional. Dengan memilih dari berbagai produk PE Lite, pemilik brand dapat menjadi pemimpin dalam pelabelan produk yang berkelanjutan, membedakan diri dari pesaing sambil juga meningkatkan produktivitas di seluruh rantai nilai.

Dikombinasikan dengan perekat RP37 dan kertas pendukung bersertifikat FSC TM (FSC-C012530), laminasi yang dapat diandalkan ini menawarkan kinerja yang berkelanjutan dan andal untuk penggunaan di sektor makanan, serta home and personal care.

Contoh lain, lanjut Dicky, adalah UPM Raflatac PP Food, yang memudahkan transisi ke pelabelan yang aman dan berkelanjutan. Lapisan atasnya yang food grade berkontribusi pada solusi yang memenuhi standar keamanan pangan, memberikan kinerja tinggi yang andal di berbagai penggunaan, mengurangi persyaratan inventory, dan membuat proses produksi printer menjadi lebih efisien.

Ada solusi film tipis lainnya yang efektif untuk produk makanan juga, misalnya, Polyprint lite dikombinasikan dengan perekat RH9S. Polyprint lite dapat memberikan tampilan depan glossy dan kinerja yang stabil dalam pencetakan inkjet UV, mempertahankan fungsionalitas, stabilitas dimensional, dan daya tarik visual. Dengan durabilitas dan resitensi yang sangat baik terhadap kelembaban, air, lemak atau minyak, label multiguna ini sangat ideal untuk kemasan makanan.

“Beralih dari satu bahan ke bahan lainnya, terutama dari yang lebih tebal ke yang lebih tipis, dapat menjadi tantangan bagi konverter dan pemilik brand. Tetapi solusi film tipis yang komprehensif dari UPM Raflatac dapat menawarkan kinerja yang andal dalam berbagai penggunaan, meningkatkan keberlanjutan sambil mempertahankan citra brand berkualitas tinggi. Dengan membuat setiap tahap lifecycle produk lebih berkelanjutan, UPM Raflatac mampu menawarkan solusi pengemasan berkelanjutan yang mengurangi dampak lingkungan dan meningkatkan efisiensi produk,” kata Dicky.

Ia menambahkan, pihaknya mengundang konverter, pemilik brand, pemasok bahan baku, dan influencer utama lainnya untuk bergabung dan mengubah inovasi menjadi solusi terkemuka dan keunggulan kompetitif.

“Target keberlanjutan yang ambisius hanya dapat dipenuhi melalui upaya bersama, dan kemitraan industri yang luas dari para pembuat perubahan yang berkomitmen akan membuat dunia dapat bergerak ke masa depan yang mengurangi penggunaan bahan fosil,” pungkasnya. (Rudi_Kanalindonesia.com)

Berita Terkait

Semarak Idul Qurban, ICMI Lakukan Pemotongan 32 Sapi dan 32 Kambing
Program Kegiatan Bersama di Sesko Angkatan Laut
Peringati HUT Jakarta, Dinas Pendidikan DKI Jakarta Gelar Gowes
Banjir DKI Jakarta Akibatkan 463 Jiwa Terdampak
Terkuak Motif Penusukan Ustaz di Kebon Jeruk, Masalah Asmara antara Pelaku dengan Cucu Korban
Kasus Vina Cirebon, Masyarakat dan Netizen Harus Cerdas, Jangan Sebar Opini Hoax yang Tidak Sesuai Fakta
Pesawat Latih Jatuh di Serpong Tangerang
Empat Kendaraan Terlibat kecelakaan beruntun di kuningan Jakarta Selatan

Berita Terkait

Senin, 17 Juni 2024 - 15:53 WIB

Semarak Idul Qurban, ICMI Lakukan Pemotongan 32 Sapi dan 32 Kambing

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:13 WIB

Program Kegiatan Bersama di Sesko Angkatan Laut

Minggu, 9 Juni 2024 - 11:34 WIB

Peringati HUT Jakarta, Dinas Pendidikan DKI Jakarta Gelar Gowes

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:08 WIB

Banjir DKI Jakarta Akibatkan 463 Jiwa Terdampak

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:30 WIB

Terkuak Motif Penusukan Ustaz di Kebon Jeruk, Masalah Asmara antara Pelaku dengan Cucu Korban

Minggu, 19 Mei 2024 - 20:36 WIB

Kasus Vina Cirebon, Masyarakat dan Netizen Harus Cerdas, Jangan Sebar Opini Hoax yang Tidak Sesuai Fakta

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:06 WIB

Pesawat Latih Jatuh di Serpong Tangerang

Minggu, 19 Mei 2024 - 13:52 WIB

Empat Kendaraan Terlibat kecelakaan beruntun di kuningan Jakarta Selatan

KANAL TERKINI