Pengukuhan Gubes Kepala LAN RI, Gubernur Khofifah: Orasi Ilmiah Prof Adi Suryanto Kuatkan Semangat Jatim Wujudkan ASN Berkelas Dunia

- Editor

Selasa, 31 Oktober 2023 - 00:08 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghadiri pengukuhan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Prof. Dr. Adi Suryanto, S.Sos., M.Si., CHRM sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Administrasi Publik di Politeknik STIA LAN Jakarta. Senin, (30/10/2023).

Pengukuhan Prof. Dr. Adi Suryanto dilakukan melalui Sidang Senat Terbuka Politeknik STIA LAN bertempat di Gedung Makarti Bhakti Nagari Jakarta dengan dibuka oleh Ketua Senat Politeknik STIA LAN Dr. Asropi.

Dalam pengukuhan tersebut, Prof. Dr. Adi Suryanto menyampaikan orasi ilmiah bertema “Transformasi Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara sebagai Strategi Mewujudkan Birokrasi Berkelas Dunia”.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam orasi tersebut, ia menyampaikan bahwa, untuk mewujudkan visi reformasi birokrasi tahun 2025 diperlukan perubahan strategi reformasi birokrasi.

Strategi reformasi birokrasi dikatakannya harus mengedepankan standardisasi, pengendalian terhadap input, dan perubahan yang berorientasi kepatuhan menciptakan birokratisasi perubahan yang kontra produktif dalam menjawab tuntutan inovasi dan kecepatan dalam merespon perubahan.

“Strategi reformasi birokrasi perlu diubah dari pendekatan kepatuhan menjadi pengembangan kapasitas ASN untuk belajar,” lugasnya.

Ia menambahkan, urgensi perubahan strategi Reformasi Birokrasi ini didukung oleh laporan World Economic Forum tahun 2023. Dimana sebagian besar organisasi menjadikan pembelajaran dan pelatihan sebagai sarana utama untuk melakukan perubahan.

Sedangkan investasi dalam pembelajaran dan pelatihan untuk pekerjaan menjadi opsi tertinggi dengan nilai poin 81,2% yang dipilih dalam laporan tersebut.

“Terlebih di tengah era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) seperti saat ini, agile learning atau kegesitan dalam belajar dan mengembangkan kompetensi mutlak dibutuhkan bagi ASN,” urainya.

“Sehingga para ASN bisa memberikan pelayanan terbaik dan mewujudkan reformasi birokrasi kelas dunia menuju Indonesia Emas 2045,” sebutnya.

Secara khusus, Gubernur Khofifah mengucapkan selamat kepada Prof. Dr. Adi Suryanto yang kini resmi menyandang gelar sebagai Guru Besar.

“Selamat kami haturkan kepada Prof. Dr. Adi Suryanto yang kini telah menyandang gelar sebagai Guru Besar di Politeknik STIA LAN. Tentu kami turut bahagia dan bangga atas pencapaian gelar guru besar ini,” beber Gubernur Khofifah.

“Teriring harapan kami bahwa, Bapak Prof. Dr. Adi Suryanto tetap akan memberikan dedikasi terbaik bagi masyarakat bangsa dan negara. Serta mudah-mudahan terus menyemai manfaat dan menyemai keilmuan terutama di bidang administrasi publik,” harapnya.

Selain itu, Gubernur Khofifah juga mengapresiasi orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. Adi Suryanto dalam Sidang Senat Terbuka pengukuhannya. Menurutnya, orasi ilmiah ini akan semakin memperkuat semangat Pemprov Jatim dalam mewujudkan ASN Berkelas Dunia.

“Orasi ilmiah yang disampaikan sangat progresif. Transformasi pengembangan kompetensi ASN sangat dibutuhkan, baik oleh pemerintah pusat maupun daerah agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik, menjadikan birokrasi kita berkelas dunia dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tuturnya.

Tidak hanya itu, menurut Khofifah, orasi ilmiah tersebut juga sejalan dengan semangat Pemprov Jawa Timur yang terus berinovasi dalam mengembangkan kompetensi ASN di Jawa Timur sebagai Enabler Leader dalam menjawab tantangan global. Salah satunya melalui gerakan ‘ASN Dahar Ngopi’ yang baru saja diluncurkan oleh Gubernur Khofifah bulan lalu.

“Di Jatim kita punya gerakan ASN Dahar Ngopi yang merupakan akronim dari ASN Tiada Hari Tanpa Pengembangan Kompetensi,” sebutnya.

Gerakan ‘ASN Dahar Ngopi’ merupakan sebuah gerakan pengembangan kompetensi yang diselenggarakan BPSDM Provinsi Jawa Timur mulai Senin sampai Jum’at dengan beragam menu pembelajaran melalui berbagai kanal digital.

Gerakan ini melengkapi program ASN Belajar yang telah menjadi program unggulan BPSDM Jatim. Dengan meningkatkan kompetensi ASN, hal ini sekaligus menjadi bagian mewujudkan birokrasi berkelas dunia.

“Gerakan ASN Dahar Ngopi ini untuk melengkapi program ASN Belajar, sekarang tidak hanya hari Kamis tapi mulai hari Senin sampai dengan hari Jumat, BPSDM Jatim memiliki program pengembangan kompetensi,” tandasnya.

Selain proses pengembangan kompetensi melalui beragam kanal digital, Pemprov Jatim melalui BPSDM juga terus memantau progres pengembangan kompetensi para ASN melalui Aplikasi Si Bang Kodir. Si Bang Kodir merupakan Sistem Aplikasi Pengembangan Kompetensi Mandiri khusus berbasis android untuk memudahkan ASN Jatim memantau proses pengukuran Indeks Profesionalitas (IP).

“Selain itu, manfaat aplikasi tersebut juga memberi kemudahan kepada seluruh ASN dalam melakukan pengisian serta penghitungan jam pelajaran yang telah berhasil ditempuh dalam waktu setahun. Sehingga, para ASN tidak hanya bisa mengembangkan namun juga bisa mengukur seberapa jauh kompetensinya telah berkembang,” katanya.

Gubernur Khofifah menekankan, beragam inovasi tersebut dilakukan agar ASN terus berseiring dengan perkembangan dan kemajuan dunia luar, yang pada akhirnya akan mampu menjawab tantangan global.

“Sekali lagi kami menyampaikan selamat atas dikukuhkannya Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Prof. Dr. Adi Suryanto, M.Si., CHRM sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Administrasi Publik. Semoga ilmu yang dimiliki bisa semakin bermanfaat bagi bangsa dan negara,” imbuhnya.

Turut hadir dalam acara pengukuhan tersebut, Menpan RB, Abdullah Azwar Anas, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri, Komjen Pol Suntana, dan beberapa kepala daerah. (ari)

Berita Terkait

UNESCO dan Kedutaan Besar Inggris Jakarta Soroti Peran Jurnalisme dalam Aksi Perubahan Iklim
Bawa Pesan Perdamaian Sesuai Dokumen Persaudaraan Kemanusiaan Abu Dhabi, Khofifah Apresiasi Semangat Grand Syeikh Al Azhar Semai Persaudaraan dan Moderasi Islam
Mukhlis Basri Masuk Daftar Anggota Pansus Angket Haji DPR
Era Artificial Intelligence: Tiga Jenis Penulis dan Teror Mental Putu Wijaya
Lantik 14 Kajari, Begini Harapan Kajati Jatim Mia Amiati Untuk Pejabat Baru
KPK Panggil Mantan Pejabat Basarnas
Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun, Mantan Menteri Negara Pendayagunaan BUMN, Dr. H. Tanri Abeng Meninggal Dunia
Khofifah Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Hutan Hujan untuk Keberlangsungan Makhluk Hidup

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 04:27 WIB

UNESCO dan Kedutaan Besar Inggris Jakarta Soroti Peran Jurnalisme dalam Aksi Perubahan Iklim

Rabu, 10 Juli 2024 - 17:51 WIB

Bawa Pesan Perdamaian Sesuai Dokumen Persaudaraan Kemanusiaan Abu Dhabi, Khofifah Apresiasi Semangat Grand Syeikh Al Azhar Semai Persaudaraan dan Moderasi Islam

Rabu, 10 Juli 2024 - 14:55 WIB

Mukhlis Basri Masuk Daftar Anggota Pansus Angket Haji DPR

Sabtu, 6 Juli 2024 - 07:37 WIB

Era Artificial Intelligence: Tiga Jenis Penulis dan Teror Mental Putu Wijaya

Kamis, 27 Juni 2024 - 21:01 WIB

Lantik 14 Kajari, Begini Harapan Kajati Jatim Mia Amiati Untuk Pejabat Baru

Selasa, 25 Juni 2024 - 16:27 WIB

KPK Panggil Mantan Pejabat Basarnas

Minggu, 23 Juni 2024 - 08:07 WIB

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun, Mantan Menteri Negara Pendayagunaan BUMN, Dr. H. Tanri Abeng Meninggal Dunia

Sabtu, 22 Juni 2024 - 11:23 WIB

Khofifah Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Hutan Hujan untuk Keberlangsungan Makhluk Hidup

KANAL TERKINI

KANAL MAGETAN

Disnakkan Magetan Bersama Univ. Brawijaya Gelar Lawu Fun Run

Sabtu, 20 Jul 2024 - 16:59 WIB