Ribuan Masyarakat Antusias Ikuti Jalan Sehat dan Pasar Murah di Bakorwil Malang, Gubernur Khofifah: Titik Pamungkas Rangkaian Hari Jadi ke-78 Provinsi Jatim

- Editor

Sabtu, 11 November 2023 - 13:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

KOTA MALANG, KANALINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas sekaligus membersamai ribuan peserta Jalan Sehat Hari Jadi ke-78 Provinsi Jatim yang start dan finish di depan Kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Malang, Jl. Simpang Ijen No. 2, Kota Malang. Minggu, (11/11/2023) pagi.

Titik ini menjadi titik pamungkas gelaran jalan sehat bersama Gubernur Jatim yang dihelat dalam rangka Hari Jadi Ke-78 Pemprov Jatim. Sebelumnya, jalan sehat ini sudah digelar di empat Bakorwil se Jatim. Mulai Bojonegoro, Madiun, Jember, dan Pamekasan.

Sebagaimana titik-titik sebelumnya, dalam gelaran jalan sehat ini juga diramaikan dengan pasar murah yang juga disambut antusias oleh masyarakat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Sabtu lalu kita di Bojonegoro dan Sabtu hari ini menjadi titik terakhir. Memang perayaan Hari Jadi kita rayakan dengan penyelenggaraan jalan sehat dan pasar murah di 5 bakorwil se-Jatim,” tuturnya.

Dalam jalan sehat ini, peserta diajak menempuh rute sejauh 3,7 km. Start dari Bakorwil Malang peserta akan melewati Start Jl. Simpang Ijen (Depan Kantor Bakorwil Malang – Jl. Gede – Jl. Retawu – Jl. Rinjani – Jl. Besar Ijen – Finish Jl. Simpang Ijen (Depan Kantor Bakorwil Malang).

Sembari memberangkatkan peserta, kepada seluruh warga Malang Raya yang hadir, Gubernur Khofifah mendoakan agar semua mendapatkan anugerah kesehatan dan keberkahan dari Allah SWT.

“Mudah-mudahan Allah SWT sehatkan kita semua, yang sekolah semoga sekolahnya lancar. Yang kerja pun semoga diberikan pekerjaan terbaik, yang sedang mencari jodoh segera dipertemukan jodoh yang baik bagi diri sendiri dan keluarga. Dengan mengucap Basmallah, jalan sehat dalam rangka Hari Jadi ke-78 Pemprov Jatim resmi kita mulai dan diberangkatkan,” urai Khofifah sambil mengibarkan bendera tanda dimulainya jalan sehat.

Tak hanya memberangkatkan peserta, Gubernur Khofifah pun turut bergabung dengan ribuan masyarakat dan berjalan melintasi rute yang disiapkan. Sepanjang jalan, ia juga tampak dengan senang hati dan antusias menyapa dan melayani satu persatu masyarakat yang mengajak berswa foto.

“Jangan lupa ditunggu undian Doorprize-nya. Ada banyak hadiah menanti. Semoga rejeki panjenengan semua,” tandasnya.

Pad jalan sehat kali ini, Pemprov Jatim kembali menyiapkan berbagai doorprize menarik. Diantaranya, 1 Unit Sepeda Motor, 2 Unit Smart TV , 3 Unit Smartphone, 7 Unit Smarthwatch, 2 Unit MI Soundbar, 7 Unit TWS Redmi Buds 4 Lite dan Jete, 4 Unit Powerbank, 2 Unit Redmi Smartband, 6 Unit Speaker, 3 Unit Headphone Olike, 4 Unit Kipas Angin, 15 Voucher Indomaret, dan masih banyak lainnya.

Sapa Masyarakat dan Tinjau Pasar Murah

Usai mengikuti jalan sehat, Gubernur Khofifah juga meninjau Pasar Murah yang dilaksanakan pula di halaman Kantor Bakorwil Malang. Dalam pelaksanaannya, pasar ini menjual beberapa bahan pokok dibawah harga pasaran.

Secara khusus, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa pelaksanaan pasar murah di Malang ini merupakan titik ke 46. Dimana pasar murah ini digelar untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan menyediakan bahan pokok terjangkau bagi masyarakat.

“Pasar murah ini sudah kita mulai sejak 1 September lalu, ini merupakan upaya kami untuk mendekati harga keterjangkauan bagi masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Khofifah menyampaikan bahwa, produksi padi dan beras di Jawa Timur dipastikan surplus. Dikatakannya bahwa, sejak September 2022 hingga September 2023, Jatim surplus beras sekitar 9,23 persen. Namun, memang harga saat masuk penggilingan sudah melebihi Harga Pokok Pemerintah (HPP). Sehingga menyebabkan harga end productnya juga tinggi.

“Seminggu lalu saya ke Tuban, saya lihat disana Gabah Kering Panen (GKP) sudah lebih tinggi dari HPP. Maka masuk penggilingan pasti akan naik. Bahkan di sana mencapai harga Rp. 7.700/kg,” bebernya.

Melihat hal tersebut, Khofifah memastikan harga edar beras medium di Jatim merupakan yang termurah di Pulau Jawa. Saat ini HET beras medium di Jatim adalah Rp. 10.900.

“Itu artinya pengendalian dari seluruh lini, bergerak bersama dengan tim bulog untuk melakukan penetrasi harga beras di pasaran. Kalau yang dijual di pasar murah pasti dibawah HET,” lugasnya detail.

Adapun komoditi yang dijual pada Pasar Murah kali ini adalah beras medium yang dijual Rp. 10.200/kg, Minyakita dijual dengan harga Rp. 13.000/liter, gula pasir dijual Rp. 14.000/kg, telur ayam ras seharga Rp. 23.000/kg.

Sedangkan saat ini perkembangan harga bahan pokok rata-rata di Kota Malang per tanggal 10 November 2023 yakni beras medium Rp. 11.450/kg, Minyak Goreng Minyakita Rp. 14.917/liter, Gula pasir Rp. 15.500/kg, dan Telor ayam ras Rp. 25.667/kg

Tidak hanya itu, pada acara ini juga tersedia pelayanan publik dari Dispendukcapil Kota Malang, Layanan Kesehatan dan Donor Darah, beberapa stand produk UMKM hingga layanan servis sepeda motor gratis dari SMKN 12 Kota Malang.

Di sisi lain, Pj. Walikota Malang, Wahyu Hidayat bersyukur, Jalan Sehat kali ini dapat diadakan di Bakorwil Malang. Rangkaian peringatan Hari Jadi ke-78 Jawa Timur menjadi suntikan semangat bagi Kota Malang untuk dapat terus maju dan berkontribusi pada perkembangan Jatim.

“Kami mengucapkan selamat atas Hari Jadi ke-78 Jatim. Tentunya Provinsi Jatim di bawah kepemimpinan Bu Gubernur dapat menjalankan amanahnya dan mensejahterakan masyarakatnya,” tuturnya. (ari)

Berita Terkait

Diduga Korban Perampokan & Pembunuhan, IRT di Pakis Malang Ditemukan Tewas
Brand Momosays Luncurkan Tiket Superfans Laga Kandang Unggul FC Malang
Masuki Tahun Ajaran Baru, Pj Wali Kota Malang Serahkan Bantuan Seragam Sekolah Gratis
Akhirnya, PKS Beri Mandat Ahmad Fuad Rahman untuk Pilkada Kota Malang 2024
Tim Futsal Profesional Unggul FC Adakan Nobar Final Euro 2024
Bermain Imbang Di Ujicoba, Pelatih Arema FC Puas Dengan Permainan Timnya
Pelatih Arema FC Ungkap Alasan Jalani Ujicoba dengan PSBS Biak
Hadirkan Inovasi Koperasi Adaptif dan Modern, Pj Wali Kota Malang Terima Penghargaan Pembina Koperasi Andalan

Berita Terkait

Selasa, 16 Juli 2024 - 20:25 WIB

Diduga Korban Perampokan & Pembunuhan, IRT di Pakis Malang Ditemukan Tewas

Selasa, 16 Juli 2024 - 16:22 WIB

Brand Momosays Luncurkan Tiket Superfans Laga Kandang Unggul FC Malang

Senin, 15 Juli 2024 - 21:46 WIB

Masuki Tahun Ajaran Baru, Pj Wali Kota Malang Serahkan Bantuan Seragam Sekolah Gratis

Minggu, 14 Juli 2024 - 19:07 WIB

Akhirnya, PKS Beri Mandat Ahmad Fuad Rahman untuk Pilkada Kota Malang 2024

Minggu, 14 Juli 2024 - 19:03 WIB

Tim Futsal Profesional Unggul FC Adakan Nobar Final Euro 2024

Sabtu, 13 Juli 2024 - 22:13 WIB

Bermain Imbang Di Ujicoba, Pelatih Arema FC Puas Dengan Permainan Timnya

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:19 WIB

Pelatih Arema FC Ungkap Alasan Jalani Ujicoba dengan PSBS Biak

Jumat, 12 Juli 2024 - 20:55 WIB

Hadirkan Inovasi Koperasi Adaptif dan Modern, Pj Wali Kota Malang Terima Penghargaan Pembina Koperasi Andalan

KANAL TERKINI

KANAL MAGETAN

Disnakkan Magetan Bersama Univ. Brawijaya Gelar Lawu Fun Run

Sabtu, 20 Jul 2024 - 16:59 WIB