Versi Republic Institute, Kerja keras dan Militansi Kader Gerindra jadi Faktor Elektabilitas Prabowo-Gibran di Jatim Tembus 54%

Editor : ANANG - Selasa, 23 Januari 2024 - 22:11 WIB

SURABAYA KANALINDONESIA.COM – Prabowo Subianto tidak sia-sia menggembleng dan menanamkan militansi kepada kadernya untuk bekerja keras menangkan Gerindra di Jatim. Hasilnya , 54,2% masyarakat Jatim memilih Prabowo Gibran sebagai capres cawapres yang mereka pilih.

Inilah hasil survey dari The Republic Institute yang menyampaikan rilis hasil survei Pilpres 2024 di Jawa Timur.

Militansi dan kerja keras dari kader Gerindra menjadi pemicu raihan positif ini. Dijelaskan Peneliti Utama The Republic Institute Sufyanto faktor kerja keras Partai Gerindra Jatim yang notabene motor partai penggerak utama di koalisi adalah kuncinya.

“Kalau kita lihat memang pemilih Gerindra Jatim itu paling solid mendukung Prabowo-Gibran. Dan partai Gerindra Jatim memang sangat militan dalam bergerak memenangkan Prabowo-Gibran,” kata Sufyanto saat paparan survei di Surabaya, Selasa (23/1/2024).

Baca Juga :  Ganjar Datangi DPD PDIP Jatim Bertemu Kader dan Relawan, Ada apa ?

Kerja keras Gerindra Jatim, kata Sufyanto juga makin kuat didukung faktor ketokohan dari Prabowo Subianto yang mendapat simpati dari rakyat Jatim, juga faktor Gibran yang notabene putra dari Presiden Jokowi.

“Di Jatim itu masih ada politik iba, meski persentasenya tidak besar, tapi itu ada. Selain itu, ketika debat paslon 02 dibully, justru angkanya makin tinggi. Grassroot masyarakat kita itu makin simpati kalau ada paslon di-bully,” bebernya.

“Di tim Prabowo-Gibran itu juga didominasi dukungan dari tokoh-tokoh elite di Jatim. Sebut saja Khofifah, Pakde Karwo, Imam Utomo itu memberi sumbangsih elektoral juga,” tambahnya.

Mantan Ketua Bawaslu Jatim ini menyebut kerja keras dari partai pengusung Prabowo-Gibran di Jatim juga memberi sumbangsih elektoral meski belum signifikan.

Baca Juga :  S3 Manajemen FEB Unitomo Luluskan Doktor Pertama Kalinya

“Tentu kerja bersama, kerja keroyokan ini yang membuat elektabilitas Prabowo-Gibran leading jauh di Jatim. Temuan kami juga memotret kemantapan pemilih partai Koalisi Indonesia Maju turut linier memilih paslon 02,” tambahnya.

Dalam survei The Republic Institute di Jatim, elektabilitas paslon 02 Prabowo-Gibran di angka 54,2%. Kemudian paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD 27,4%, dan paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di angka 15,3%. Ada 3,1% responden belum menentukan pilihan.

Survei The Republic Institute untuk Pilpres di Jatim dilakukan pada 1-8 Januari 2024 dengan jumlah 1.400 responden. Survei ini memiliki margin of error di kisaran 2,62%. Nang

Share :

Baca Juga

KANAL HUKUM

BNNP Jateng Amankan Mahasiswa Pengedar Narkoba

KANAL JABAR

Angin Kencang Terjang Sumedang, Sejumlah Rumah Rusak dan Pohon Tumbang

KANAL GRESIK

Pastikan Penghitungan Suara di Tingkat PPK Aman, Kapolres Gresik Sambang Lokasi di Sejumlah Wilayah

KANAL JATIM

Khofifah Apresiasi Peran Aktif Bank Indonesia Kembangkan OPOP dan Industri Halal Jawa Timur

KANAL NGAWI

Bus Sugeng Rahayu Tabrak Mobil di Ngawi Hingga Terseret 50 Meter dan Terjun ke Sawah

KANAL JATIM

YPTA Surabaya Gelar Pelatihan Pencegahan dan Penyelamatan Kebakaran
SJ dan SY usai menjalani pemeriksaan dan sedang digelandang ke rumah tahanan kelas IIB Ponorogo. (foto: Imam Mustajab)

KANAL JATIM

Penahanan Dua Tersangka Pungli Sawoo Diperpanjang, Kejari Ponorogo Lengkapi Berkas

KANAL PACITAN

Kaur Desa Bodag Pacitan Diringkus Tipikor Polres Pacitan