SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya gelar pameran lukisan dengan tema Pancasila dan Bung Karno. Kurang lebih 30 lukisan dari berbagai daerah terpampang di Graha Wiyata, Surabaya, Senin (21/6/2021).

Nampaknya pameran ini diselenggarakan untuk memperingati bulan Bung Karno. Menurut Rektor Untag Surabaya, Mulyanto Nugroho selain lukisan, banyak kegiatan yang digelar. Tak lain merupakan bentuk penghormatan kepada Bapak Proklamator.

“Untuk memperingatinya, kami merasa bangga bahwa Bung Karno merupakan ide pendiri Kota Surabaya dan sudah selayaknya diapresiasi. Dalam masa pandemi ini sudah tiga kali untuk memperingati agenda bulan Bung Karno,” katanya.

Salah satu pelukis Budibi mengatakan, pihaknya berharap, dengan karya seni ini bisa membuat rasa bersatu dan menjunjung tinggi kebhinekaan, serta bisa diterapkan sebagai rasa mempersatukan budaya.

“Tema Pancasila dan Bung Karno semoga pengunjung mengingat jasa para pahlawan. Bung Karno sosok penuh aspirasi yang patut dibanggakan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji memberikan apresiasi kepada para pelukis yang bisa berkreatif dengan mengeluarkan berbagai karya. Ia juga berpesan agar jangan sekali-kali meninggalkan sejarah atau biasa disingkat sebagai Jasmerah.

“Ini adalah suatu spirit bulan Juni, Bulan Bung Karno. Kampus Untag adalah kampus nasionalis yang tentunya sekarang ini mengadakan pameran lukisan. Sehingga, itu menunjukkan anak anak muda peduli dan tahu tentang sejarah,” ujar Armuji.

Para pelukis yang kebanyakan masih berstatus mahasiswa baru tersebut tidak hanya berasal dari Kota Surabaya, melainkan juga ada yang berasal dari luar kota mulai dari Gresik, Lamongan, hingga Jakarta. Mereka meramaikan pameran yang berlangsung selama lima hari itu. Ady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here