Keluhan Warga Banjarsari Jember Soal Susahnya Pupuk dan Hasil Pertaniannya Dibeli dengan Harga Murah, Haji Karim Langsung Beri Solusi Tuntas

- Editor

Minggu, 6 Februari 2022 - 18:16 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JEMBER KANALKINDONESIA.COM – Kehadiran anggota DPRD Jatim dari Fraksi Partai Golkar memberi harapan baru untuk peningkatan kesjahteraan para petani di Desa Banjarsari kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Pasalnya setelah bertahun tahun akhirnya daerah yang terletak di dataran tinggi dilereng Gunung itu didatangi oleh seorang wakil rakyat.

“Setelah bertahun tahun akhirnya ada wakil rakkyat yang datang ke desa Banjarsari ini. Makanya kami ucapkan terimakasih kepada Pak Haji Karimullah sudah mau datang ke desa kami,” ungkap seorang Ibu saat berdialog dengan anggota DPRD Jatim Karimulllah Dahrujiadi saat menggelar reses di Desa` Banjarsari Kecamatan Bangsalsari Jember, Sabtu (5/2/2022)

Anggota DPRD Jatim dapil Jember Lumajang ini sore itu menggelar pertemuan dengan perwakilan warga Banjarsari terutama para petani, sejumlah keluhan disampaikan silih berganti. seperti juga tempat lainnya masalah pupuk menjadi keluhan paling wahid, yang selalu dikeluhkan petani, “Kami bingung kok bisa pupuk susah dapatnya. Maksud saya pupuk bersubsidi. Harganya juga membingungkan, Karena menurut data Rp 220 ribu dilapangan harganya malah Rp 390 ribu itupun kalau ada. Uniknya untuk yang non subsidi saya malah ditawari dan ready hingga 2 ton. Nah ini sudah pupuknya susah didapat hasil pertanian kami dihargai sangat murah,” ungkap Mas Iyus seorang pegiat sosial yang biasa dipanggil cak Jitu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sementara Heri warga lainnya menambahkan bahwa sering terjadi hal aneh soal pupuk ini didesanya,
“Saya ini dak tahu harus beli pupuk dimana ? Yang saya tahu pupuk pupuk di desa kami pengiriman dilakukan malam hari, dan siang harinya sudah kosong. Kemana trus pupuknya,” ungkap Heri dengan logat Jawa campur Madura khas Banjarsari.

Baca Juga :  Peringati Hari Mangrove Sedunia, Khofifah Ajak Masyarakat Melakukan Aksi Nyata Pelestarian Mangrove , Lindungi Ekosistem Pesisir

Heri juga berharap di Desa nya bisa dibantu agar lahan pekerjaan di ciptakan untuk mengurangi pengangguran. “Mungkin dengan wisata yang bisa diciptakan disini,” imbuhnya.

Tehnologi pertanian rupanya belum menyentuh desa ini, buktinya keinginan akbar tehnologi pendukung pertanian di Banjarsari sangat diharapkan bisa didapat masyarakat, “Disini juga sangat potensi dengan tanaman kopi Pak Haji, dan selama ini banyak yang diijonkan, mungkin jika kami punya tehnologi akan sangat membantu, ya biar petani sejahtera,” ungkap warga lainnya.

Sejumlah keluhan yang disampaikan warga dijawab tuntas oleh Karimullah. Politisi yang sudah 2 periode di DPRD Kabupaten Jember, dan 2 periode di DPRD Jatim ini langsung memberi solusi,
“Semua yang jennengan keluhkkan harus segera dicari solusinya. selain program program yang ada di desa ini harus disampaikan lewat musrenbang, saya juga siap memback up. Kita bentuk kelompok tani agar program pertanian sekaligus bantuan untuk petani bisa terpusat dan tertata. Kita buat Kios agar kebutuhan petani mudah didapat. kita komunikasi dengan desa dan dinas pertanian,” jawab Karimulllah tegas yang direspon warga dengan tepuk tangan gembira.

Terkait pupuk, Haji Karim mengajak untuk membuat gudang kotoran ternak untuk dijadikan pupuk organik dengan tehnologi yang ada saat ini. “Ayo kita manfaatkan kotoran ternak untuk kita olah jadi pupuk, ini sangat bagus. Beberapa waktu lalu saya diundang untuk belajar pupuk hayati yang memanfaatkan akar bambu menjadi pupuk dengan menggunakan tehnologi yang sederhana. Dan saya siap memfasilitasi jenengan semua untuk belajar tehnologi ke tempat lain. Biar semua maju dan sejahtera,” tegas anggota Komisi B DPRD Jatim ini serius dan kembali disambut kgembiraa warga.

Usai berdialog pria yang juga Ketua DPD Golkar Kabupaten Jember ini mengatakan hasil reses ini akan disampaikan dalam program ke Peprov Jatim untuk direalisasikan,

Baca Juga :  Gus Fawait Terima Surat Tugas dari Golkar Maju Pilkada Jenber

“Tadi kita dengarkan bersama ada beberapa problem masyarakat yang memang sudah kita tampung dan tentu dari aspirasi itu menjadi bahan kami yang harus menjadi satu pembahasankita dengan Dina’s, dengan Pemprov Jawa Timur salah satunya untuk menyempurnakan kebijakan yang mungkin sudah ada tapi ada sesuatu yang memang belum tercover atau nanti kita melahirkan kebijakan-kebijakan salah satunya penguatan kelembagaan. Kelembagaan kepada petani pentingnya teknologi pertanian, lantas pentingnya pengawalan sebuah komponen di dalam sistem pertanian yang didalamnya di situ ada masalah kebutuhan pupuk, yang di situ harus mengenal RDKK, mengenal adanya kios, adanya stressing Translate kepada distributor, perlu ditingkatkan ke pengawasan yang dilakukan oleh banyak pihak,” ungkapnya. nang

Karimullah mengaku senang datang ke Banjarsari karena banyak hal yang bisa dialkukan untuk kemajuan warga, walau mereka banyak yang tidak kenal dan tidak memilihnya sebagai wakil rakyat.

“Mereka belum pernah tersentuh memang. Kalau bicara peta Jember ada Wilayah selatan ada wilayah utara, di sini memang banyak mayoritas Madura dan hidupnya memang dari perkebunan, kehutanan pertanian, tapi itu ya dengan sekedarnya, soalnya dengan program pemerintah kalau itu mau ditangkap dan disambungkan disinergikan, ini yang mungkin bisa mengejar ketertinggalan itu. Maka saya berterima kasih kepada koordinator, kepada Mas Nunung Nurdiansyah Rahman selaku tokoh informal ya, mudah-mudahan terbangun sinergisitas dengan pemerintah Desa, karena nggak lepas dari tokoh formal dan informal, kepala desa dan tokoh yang lain harus melebur kalau bicara kepentingan rakyat. Saya senang bisa berbuat terbaik untuk mereka,” pungkasnya. nang

Berita Terkait

BBK 4 UNAIR dan UPT SD Negeri 230 Gresik, Sinergi untuk Kreativitas Disiplin, dan Kebersihan
13 Calon Kepala Daerah di Jatim Terima Surat Maju Pilkada 2024
Gus Fawait Terima Surat Tugas dari Golkar Maju Pilkada Jenber
Partai Golkar Resmi Usung Sugiri-Lisdyarita dalam Pilbup 2024 Ponorogo
Ulah Pemborong Nakal, Pembangunan Gedung Berlantai 2 SMPN 1 Bangkalan Mangkrak
Seorang Perangkat Desa di Ponorogo Jadi Tersangka Gara-gara Selewengkan Dana Desa
BPBD Tetapkan Ponorogo Siaga Kekeringan dan Karhutla
Usai Vonis Bebas Terdakwa Kasus Pembunuhan, PN Surabaya Dapat Kiriman Karangan Bunga “Atas Matinya Keadilan”

Berita Terkait

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:15 WIB

BBK 4 UNAIR dan UPT SD Negeri 230 Gresik, Sinergi untuk Kreativitas Disiplin, dan Kebersihan

Sabtu, 27 Juli 2024 - 04:49 WIB

13 Calon Kepala Daerah di Jatim Terima Surat Maju Pilkada 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 04:43 WIB

Gus Fawait Terima Surat Tugas dari Golkar Maju Pilkada Jenber

Jumat, 26 Juli 2024 - 17:29 WIB

Partai Golkar Resmi Usung Sugiri-Lisdyarita dalam Pilbup 2024 Ponorogo

Jumat, 26 Juli 2024 - 16:22 WIB

Ulah Pemborong Nakal, Pembangunan Gedung Berlantai 2 SMPN 1 Bangkalan Mangkrak

Jumat, 26 Juli 2024 - 13:18 WIB

Seorang Perangkat Desa di Ponorogo Jadi Tersangka Gara-gara Selewengkan Dana Desa

Jumat, 26 Juli 2024 - 12:43 WIB

BPBD Tetapkan Ponorogo Siaga Kekeringan dan Karhutla

Jumat, 26 Juli 2024 - 11:54 WIB

Usai Vonis Bebas Terdakwa Kasus Pembunuhan, PN Surabaya Dapat Kiriman Karangan Bunga “Atas Matinya Keadilan”

KANAL TERKINI