KPK Periksa Eks Juru Bicaranya

Editor : ARING - Selasa, 3 Oktober 2023 - 11:33 WIB

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Febri Diansyah, mantan juru bicara KPK, terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Pemanggilan disebut-sebut terkait usaha pelenyapan bukti di lokasi penggeledahan.
Selain Febri, KPK juga memeriksa Rasamala Aritonang dan Donal Fariz. Mereka bertiga adalah kuasa hukum Mentan Yasin Limpo dan dipanggil KPK Senin (2/10).

“Jadi sebagaimana yang sudah kami sampaikan kemarin, ketika proses penggeledahan di Kementerian Pertanian, di Gedung A termasuk ruangan Sekjen dan ruangan Menteri, dan kemudian kami memperoleh informasi ada dugaan barang bukti yang sengaja oleh pihak-pihak tertentu dihancurkan tentu dalam rangka untuk menghilangkan jejak,” terangKabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, kepada wartawan, Senin (2/10), sebagaimana dilansir detik.com.

Baca Juga :  Tolak Hak Angket Pemilu 2024, Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi Pacitan, BERGERAK !!!

KPK menggeledah gedung Kementan, Jumat (29/9) siang. Penggeledahan dilakukan di Ruang kerja Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono.

Ali menambahkan ada upaya penghilangan barang bukti dalam penggeledahan itu. Barang yang mencoba dimusnahkan adalah dokumen yang berisi aliran uang korupsi yang diterima para tersangka di kasus tersebut.

“Nah ada pun materi pemeriksaan kedua orang saksi yang hadir hari ini, tentu nanti akan kami sampaikan, setelah seluruhnya selesai dilakukan pemeriksaan,” terangnya.

“Karena kan saat ini masih berjalan, tapi sekali lagi tentu sebagai dasarnya tentu kami mengonfirmasi temuan beberapa dokumen ketika kami melakukan proses penggeledahan, dan tentu pengetahuan-pengetahuan lain dari saksi ini terkait dugaan perbuatan dari para tersangka sehingga menjadi jelas, apa yang kami tersangkakan,” tambahnya.

Baca Juga :  Pelaku Pengeboman Rumah Ketua KPPS di Pamekasan Ditangkap, Polisi: Murni Sakit Hati

Febri membantah pemanggilannya terkait isu pemusnahan barang bukti kasus dugaan korupsi di Kementan.

“Kami juga mencermati ada beberapa isu yang simpang siur dikait-kaitkan dengan penghilangan barbuk (barang bukti) atau sejenisnya,” ungkap Febri kepada wartawan di gedung KPK.

“Kenapa? Tentu kami sampaikan di sini, tapi tidak bisa disampaikan semuanya ya karena kita belum tahu pemeriksaan seperti apa. Perlu kami sampaikan di sini kami ini adalah advokat, saya advokat, Rasamala advokat, dan kalau di keterangan itu pemanggilan sebagai pengacara,” tambahnya. Foto: detik.com (Aring)

Share :

Baca Juga

KANAL NASIONAL

Cuaca Ekstrem, Begini Upaya Mitigasinya-kanalindonesia

KANAL NASIONAL

KPK akan Kirim Surat ke AHY Ingatkan untuk Segera Lapor LHKPN-kanalindonesia

DAERAH

Ada Apa..! Saksi Hanura Dipaksa Keluar Dari Rapat Pleno Terbuka RHPS Oleh PPK Pademawu-kanalindonesia

KANAL BIROKRASI

Presiden Jokowi Lantik AHY dan Hadi Tjahjanto

KANAL HEALTH

BPJS Kesehatan Surabaya Jamin Kesehatan Petugas Penyelenggara Sebelum dan Sesudah Pemilu 2024
istimewa

KANAL NASIONAL

Berita Duka, Ibu Mertua Hasto Kristiyanto Meninggal dunia

DAERAH

KPU Pamekasan Pastikan Tidak Akan Ada Pemungutan Suara Ulang Pemilu 2024-kanalindonesia

KANAL NASIONAL

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Nyoblos di TPS 10 Gambir, Jakarta Pusat-kanalindonesia