Tingkatkan Fasilitas Layanan di Stasiun Kertosono, KAI Manjakan Pelanggan Kereta Api

- Editor

Rabu, 3 Januari 2024 - 14:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MADIUN, KANALINDONESIA.COM: PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun terus berupaya melakukan berbagai peningkatan pelayanan pada pelanggan kereta api. Salahsatunya dengan melakukan renovasi fasilitas yang ada di Stasiun Kertosono.
Pada hari ini Rabu (3/1) fasilitas tersebut secara resmi di nyatakan beroperasi oleh Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, yang didampingi Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Nganjuk, Sri Handariningsih di Stasiun Kertosono.

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Kuswadojo, mengungkapkan bahwa tujuan pembangunan ini tidak lain untuk menambah kenyamanan pada pelanggan khususnya di wilayah Daop 7 Madiun. Lebih lanjut, KAI juga memiliki komitmen yang kuat untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan kereta api.

“KAI terus proaktif dalam meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan kereta api dengan terus melakukan perbaikan-perbaikan agar pelanggan kereta api merasa nyaman, aman, saat menggunakan kereta api,” jelas Kuswadojo.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kuswadojo menambahkan peningkatan fasilitas di Stasiun Kertosono juga disandingkan dengan upaya meningkatkan keselamatan kepada para pelanggan kereta api. KAI telah meningkatkan fasilitas peron tinggi dan overcapping yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan pelanggan kereta api saat naik dan turun kereta api. Selain itu juga KAI menyediakan fasilitas ruang tunggu luxury, perluasan ruang tunggu pelanggan, peluasan parkir kendaraan, dan toilet yang lebih modern.

Sementara itu, kehadiran ruang luxury di Stasiun Kertosono, pelanggan dapat menikmati berbagai fasilitas. Mulai dari ruang tunggu yang nyaman dan berpendingin udara, minuman ringan gratis, dan toilet yang mewah, hiburan melalui TV berlangganan hingga melayani kebutuhan informasi terkait layanan dan program KAI.

Baca Juga :  Kajati Jatim Kecewa Hakim Vonis Bebas Anak Politikus PKB

Ruang tunggu Luxury ini sendiri dapat digunakan secara gratis bagi pelanggan KA jarak jauh dengan kelas Luxury, Priority, Compartment, dan Panoramic.

Beberapa KA jarak jauh yang pelanggannya akan dilayani di Ruang Luxury yakni KA Wilis Panoramic, KA Argo Semeru Compartment Suite Class, KA Bima Compartment Suite Class, dan KA Turangga Panoramic. KA Gajayana Luxury, KA Brawijaya Priority, dan KA Gajayana Tambahan Luxury.

Secara keseluruhan, KAI Daop 7 Madiun memiliki fasilitas yang sama di 5 stasiun lainnya, yakni Stasiun Jombang, Stasiun Kediri, Stasiun Nganjuk, Stasiun Tulungagung, dan Stasiun Madiun.

“Kehadiran ruang Luxury ini semakin melengkapi fasilitas pelayanan kepada pelanggan KA sehingga menciptakan sebuah pengalaman baru saat bepergian dengan kereta api,” terangnya.

Kereta Api Menjadi Angkutan Favorit pada Libur Tahun Baru 2024

Memasuki hari ke-14 Masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PT KAI Daop 7 Madiun mencatatkan sebanyak 115.613 pengguna jasa yang berangkat menggunakan KA dari wilayah Daop 7 Madiun atau naik 19 % jika dibandingkan okupansi di tahun 2022 sebanyak 92.208 pada masa yang sama.

Pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2024 (21 Desember 2023 – 7 Januari 2024) puncak keberangkatan terjadi pada tanggal 26 Desember 2023 dengan volume penumpang naik sebanyak 10.440 dan tanggal 1 Januari 2024 dengan jumlah volume penumpang sebanyak 9.918.

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Kuswadojo, menjelaskan sampai dengan saat ini angkutan kereta api masih menjadi andalan utama pada liburan tahun baru. Pemesanan tiket kereta api untuk keberangkatan kereta api tanggal 7 Januari 2024 di Daop 7 Madiun terdata sebanyak 47.603 sudah dipesan atau 73% dari kapasitas yang disediakan sebanyak 64,872 selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2024 (21 Desember 2023 – 7 Januari 2024).

Baca Juga :  Semester I 2024, Pelanggan KA di KAI Daop 3 Cirebon Catat Kenaikan Sebanyak 27,8 Persen

“Data ini tentunya masih akan terus bergerak selama tiket KA jarak jauh masih tersedia dan penjualan masih berlangsung,” tambahnya.

Tiket di masa libur tahun baru 2024 ini masih tersedia, masyarakat dapat memesan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id dan serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya. Kami mengimbau agar masyarakat merencanakan liburannya sebaik mungkin.

Kuswardojo merekomendasikan masyarakat untuk memesan tiket kereta api menggunakan aplikasi Access by KAI agar pengalaman pelanggan menggunakan kereta api semakin mudah dan nyaman. Aplikasi Acces by KAI pelanggan dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access untuk membantu memberikan alternatif perjalanan KA dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Pembelian tiket kereta api melalui Access by KAI sangat mudah. Pelanggan terlebih dahulu mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store atau App Store. Saat ini, pelanggan dapat memesan tiket kereta api jarak jauh mulai H-45 hingga 1 jam sebelum keberangkatan. Dalam satu kali transaksi, pelanggan dapat memesan maksimal 10 tiket dalam 1 kode booking (di luar tiket infant). “Access by KAI kami hadirkan untuk semakin mempermudah pelanggan dalam mengakses layanan digital yang lebih andal. Sehingga memudahkan pelanggan dalam memesan tiket khususnya pada Peak Season seperti Angkutan Natal dan Tahun Baru,” pungkas nya.

Berita Terkait

Rusak Diterjang Banjir, Jembatan di Desa Klumutan Bertahun-tahun belum Diperbaiki
Libur Idul Adha KAI Daop 7 Madiun Siapkan 11.510 Tempat Duduk
Daftar di Hari Terakhir, Inda Raya Optimis Dapat Dukungan Gerindra
SMK 1 Geger Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024
Membangun Karakter dan Kemandirian: Pengembaraan Pramuka SMKN 1 Geger Sukses Digelar
Tiket KA Keberangkatan Masa Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih di Daop 7 Madiun Terjual 94 Persen
HBH Bersama 1.600 Guru Se-Bakorwil Madiun, Khofifah Pesankan Tak Hanya Kejar Prestasi Akademik Tapi Juga Bangun Akhlakul Karimah
SMKN 1 Geger Madiun Gelar Pengukuhan Taruna Angkatan VII

Berita Terkait

Senin, 17 Juni 2024 - 22:23 WIB

Rusak Diterjang Banjir, Jembatan di Desa Klumutan Bertahun-tahun belum Diperbaiki

Kamis, 13 Juni 2024 - 12:17 WIB

Libur Idul Adha KAI Daop 7 Madiun Siapkan 11.510 Tempat Duduk

Jumat, 31 Mei 2024 - 19:08 WIB

Daftar di Hari Terakhir, Inda Raya Optimis Dapat Dukungan Gerindra

Senin, 20 Mei 2024 - 15:27 WIB

SMK 1 Geger Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 13:02 WIB

Membangun Karakter dan Kemandirian: Pengembaraan Pramuka SMKN 1 Geger Sukses Digelar

Rabu, 8 Mei 2024 - 19:19 WIB

Tiket KA Keberangkatan Masa Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih di Daop 7 Madiun Terjual 94 Persen

Jumat, 3 Mei 2024 - 20:35 WIB

HBH Bersama 1.600 Guru Se-Bakorwil Madiun, Khofifah Pesankan Tak Hanya Kejar Prestasi Akademik Tapi Juga Bangun Akhlakul Karimah

Sabtu, 27 April 2024 - 20:10 WIB

SMKN 1 Geger Madiun Gelar Pengukuhan Taruna Angkatan VII

KANAL TERKINI