Peduli Masyarakat, Saloka Berdayakan SDM Lokal dengan Peluang Kerja dan Usaha

Editor : ANDI SAPUTRA - Jumat, 2 Februari 2024 - 05:40 WIB

TUNTANG, KANALINDONESIA.COM : Saloka Theme Park, taman rekreasi yang berada di Tuntang, Kabupaten Semarang tidak hanya menjadi destinasi wisata kebanggaan masyarakat Jawa Tengah saja. Namun, keberadaan Saloka juga membawa dampak positif untuk lingkungan sekitarnya.

Melihat kembali pada Desember tahun 2023, Saloka berhasil memecahkan Rekor Dunia MURI berupa Pohon Natal tertinggi dari rangkaian Eceng Gondok. Pemecahan rekor tersebut melibatkan UMKM lokal di bidang kerajinan Eceng Gondok.

Sejak awal berdiri, Saloka telah menunjukkan kepedulian dan komitmennya terhadap masyarakat lokal dengan memberi lapangan kerja lengkap beserta pelatihannya serta berbagai peluang usaha untuk teman-teman UMKM sekitar.

Baca Juga :  H-3 Lebaran 2024, PT KAI Buka Pembelian Tiket-kanalindonesia

General Manager Saloka, Harmanto mengatakan, kegiatan manajemen Saloka harus selalu memberikan ruang dan kesempatan.

“untuk semua potensi yang dimiliki masyarakat sekitar sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang untuk maju bersama mencapai hidup dan perekonomian yang lebih baik,” ujarnya, Kamis (1/2/2024).

Camat Tuntang, Aris Setyawan juga mengaku bangga akan keberadaan Saloka sebagai sektor wisata unggulan di Kabupaten Semarang. Multiplier effect yang terjadi sangat berdampak untuk perekonomian di wilayah Tuntang.

“Potensi desa yang sudah dilibatkan dan diangkat sungguh menjadi hal yang dirasakan dampaknya oleh masyarakat dan UMKM, terlebih pada ekonomi kerakyatannya. Terima kasih untuk Saloka atas kepedulian dan prioritasnya untuk kami,” jelasnya.

Baca Juga :  OJK Resmi Cabut Izin Usaha Perumda BPR Purworejo-kanalindonesia

Pedagang Warung Makan di Parkiran Bis Saloka, Badiyah menuturkan, Outlet makanan ringan yang sering digunakan para pengunjung untuk bersantai sambil bermain wahana juga menyediakan rak-rak khusus untuk menempatkan produk-produk UMKM.

“Dulu sewaktu kerja di Pabrik, saya susah sekali ada waktu untuk anak dan keluarga. Namun, setelah berjualan di parkiran Saloka ini, saya jadi bisa cari uang sambil memantau perkembangan anak saya,”pungkasnya. (ndi)

Share :

Baca Juga

KANAL PENDIDIKAN

Talkshow Kudengar Radio USM Jaya, Fatkhurozi : Dengan Speak Up, Membantu Mengurangi Jumlah Pelaku Kekerasan Seksual

KANAL PENDIDIKAN

BEM FH USM Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan-kanalindonesia

KANAL BIROKRASI

Bupati Semarang Pastikan Proses Relokasi 82 KK Warga Dusun Kedungglatik Perhatikan Kesejahteraan-kanalindonesia

KANAL EKSBIS

H-3 Lebaran 2024, PT KAI Buka Pembelian Tiket-kanalindonesia

KANAL EKSBIS

OJK Resmi Cabut Izin Usaha Perumda BPR Purworejo-kanalindonesia

KANAL BIROKRASI

Beri Arahan Musrenbang, Bupati Minta Ada Usulan Pembukaan Lapangan Kerja-kanalindonesia

KANAL HUKUM

BNNP Jateng Amankan Mahasiswa Pengedar Narkoba

KANAL PENDIDIKAN

UPNS PPKS USM Gelar Workshop Agen Perubahan